Varises


Varises

Pengertian Varises?

  • Varises telah dikenal sejak lama. Buktinya saja pernah ditemukannya varises pada mumi pada tahun 1580 sebelum masehi. Apa itu Varises ?  Varises adalah pembesaran atau pelebaran pembuluh darah vena yang terletak tepat di bawah permukaan kulit (vena superfisial) biasanya terjadi pada kaki.
  • Varises adalah   pembuluh darah vena yang mengalami pembengkakan, terpuntir, atau pembesaran. Kondisi ini biasanya tampak sebagai area berwarna kebiruan atau keunguan di permukaan kulit. Varises paling sering didapati di tungkai atau betis dan anggota gerak bagian bawah, dan terutama disebabkan karena berdiri dan berjalan yang dapat memberikan tekanan tambahan pada vena di tubuh bagian bawah.

Varises berkaitan dengan pembuluh darah balik (vena), yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh kembali ke jantung. Pembuluh darah vena memiliki katup untuk mencegah darah kembali ke seluruh tubuh atau berkumpul. Pembuluh darah vena normal dengan katup yang baik akan membuat darah mengalir lancar menuju jantung.

Pada varises, katup yang seharusnya menahan aliran darah tidak berfungsi. Akibatnya darah yang mengalir ke jantung akan kembali lagi ke seluruh tubuh, atau tertahan di pembuluh darah vena. Sisa darah yang tidak kembali ke jantung akan berkumpul dan menyebabkan penurunan elastisitas dinding vena yang lalu melebar dan bercabang.

Umumnya varises terjadi di betis, bisa juga di saluran mulut ke perut (esofagus) yang sering berhubungan dengan kerusakan fungsi hati. Kerusakan sel hati mengganggu kemampuannya menyaring darah. Skibatnya aliran darah ke hati menjadi tidak lancar dan membentuk tonjolan pembuluh darah di esofagus. Hati-hati jika bendungan darah tersebut pecah dan masuk ke jalan pernafasan. Selain itu, varises juga dapat timbul di jalan lahir.

Varises umumnya bukan merupakan kondisi yang serius, namun pada beberapa kasus dapat menjadi penanda dari masalah kesehatan yang lebih serius seperti terhambatnya vena yang lebih dalam, pada kondisi yang dinamakan trombosis vena dalam. Kondisi ini umum terjadi, setidaknya dialami oleh 3 dari 10 orang dewasa. Varises cenderung lebih sering dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki.

 

Gejala Varises

Gejala Varises dapat bervariasi dari tingkat ringan hingga berat. Umumnya tampak area berwarna biru gelap atau ungu, dan pembengkakan vena di bawah kulit. Berikut beberapa gejala minor lain dapat pula ditemukan :

  • Nyeri, pegal, sensasi terbakar dan berat di kaki, yang bisa memburuk karena berdiri atau duduk dalam jangka waktu lama.
  • Bengkak pada kaki dan/atau pergelangan kaki.
  • Rasa gatal pada vena yang mengalami gangguan.
  • Sensasi tidak nyaman pada tungkai bawah.
  • Kram otot yang menandakan sirkulasi darah yang kurang baik.
  • Gejala yang serius dapat mencakup pembengkakan pada kaki, nyeri ekstrim pada betis, peradangan dengan perubahan warna kulit, atau luka terbuka yang dapat berdarah apabila trauma tersebut tidak disembuhkan.

Penyebab Varises dan Faktor Risiko

Varises dikaitkan dengan melemahnya katup dan vena pada area yang sakit. Di bagian dalam vena terdapat katup satu arah berukuran kecil yang memungkinkan darah mengalir melewatinya, namun juga berperan untuk mencegah aliran darah berbalik arah. Terkadang, katup-katup ini melemah akibat peregangan yang berlebihan atau penurunan kelenturan, yang menyebabkan kebocoran aliran darah serta darah yang mengalir berbalik arah. Peristiwa ini dapat menyebabkan akumulasi darah pada vena yang membuatnya membengkak dan membesar.

Penyebab pasti terjadinya gangguan vena ini belum sepenuhnya diketahui. Beberapa orang cenderung berpeluang mengalami Varises tanpa penyebab yang jelas dan spesifik. Namun demikian, terdapat beberapa faktor risiko yang diduga dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami Varises. 

Wanita lebih banyak beresiko terkena varises, karena kontraksi vena lebih lemah dibanding pria, dan kulit wanita lebih lunak. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya varises, Berikut faktor – faktor terjadinya varises yaitu :

 Faktor keturunan

  • Umumnya varises terjadi pada orang dewasa akibat perubahan hormon
  • Jenis kelamin: perempuan berpotensi lebih tinggi mengalami Varises dibandingkan dengan laki-laki, alasan di balik kejadian ini dikaitkan dengan hormon yang dimiliki perempuan.
  • Genetik: risiko mengalami Varises diduga diturunkan secara herediter.
  • Usia: penuaan dapat menyebabkan penurunan elastisitas vena
  • Berat badan: kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada vena yang membuat katup pada vena akan bekerja lebih berat dan membuatnya rawan untuk mengalami kebocoran.
  • Pekerjaan: beberapa penelitian menyebutkan bahwa individu yang bekerja dengan durasi berdiri yang lama lebih berpeluang untuk mengalami Varises.
  • Kehamilan: kehamilan membuat tubuh meningkatkan produksi darah untuk menunjang pertumbuhan janin, peristiwa ini meningkatkan aliran darah serta menyebabkan perubahan hormonal yang membuat wanita hamil lebih berisiko mengalami Varises (gejala akan mengalami peningkatan yang signifikan setelah melahirkan) Pada beberapa kasus, perkembangan Varises dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti terdapatnya tumor di pelvis, riwayat terdapatnya bekuan darah atau stroke, atau gangguan pada pembuluh darah.
    Dikarenakan meningkatnya hormon progesteron, dan bertambahnya berat badan saat hamil membuat kaki semakin terbebani berat tubuh.
  • Kurang bergerak.
    Kurang gerak menyebabkan otot-otot di sekitar pembuluh darah vena tidak dapat memompa darah secara maksimal.
  • Terlalu lama berdiri.
    Jika Anda terpaksa berdiri, tetaplah mencoba untuk bergerak. Tidak diam di satu tempat terlalu lama. Contohnya:
    jalan di tempat.
  • Merokok.
    Kandungan zat berbahaya di dalam rokok membuat pembuluh darah menjadi kaku, sehingga seringkali terjadi penyempitan.
  • Bersepatu hak tinggi.
    Sepatu berhak tinggi menyebabkan gerak otot tumit yang berfungsi membantu kerja pembuluh darah menjadi tidak
    maksimal.
  • Menderita penyakit kolesterol
  • Menderita penyakit kencing manis

Varises memiliki beberapa tahap. Pada tahap awal, umumnya penderita akan merasa kram dan pegal setelah lama berdiri. Belum tampak tanda-tandanya ketika diperiksa. Pada tahap yang lebih tinggi, mulai terlihat adanya kelainan pembuluh darah dan komplikasinya. Kaki terasa berat, rasa pegal saat beristirahat. Pada tahap yang lebih berat lagi, timbul pembengkakan di daerah kaki dan warna kulit di sekitar varises menjadi gelap.

 

Jenis-jenis varises:

  • Varises yang tergolong ringan

Disebut sebagai spider navy. Umumnya terjadi akibat suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, terkena sinar matahari secara terus menerus, sedang hamil, faktor keturunan, kebiasaan makan pedas, dan pengobatan hormonal. Spider navy bisa muncul pada wajah, pangkal lengan, paha, dan daerah lutut, atau pergelangan kaki dan tumit. Terapi yang digunakan adalah menggunakan sinar laser, sehingga pembuluh darah mengering. Ada juga terapi dengan bantuan alat listrik untuk memasukkan zat tertentu ke dalam kulit. Bertujuan untuk mengecilkan pembuluh darah.

Varises dalam kulit

Varises ini terjadi pada pembuluh darah vena yang halus dan tipis di dalam kulilt bagian kaki. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan obat-obatan yang dapat menguatkan dinding vena dan memperlancar aliran darah. Atau penderita disarankan menggunakan kaus kaki (stoking) khusus yang berfungsi menekan pembuluh vena sehingga otot dan dinding vena dapat bekerja kembali dengan maksimal. Kaus kaki (stoking) mampu mencegah, mengurangi gejala awal, dan rasa sakit untuk sementara. Oleh karena itu penderita harus tetap mengkonsumsi obat.

Reticular varicose veins

Merupakan varises yang cukup parah karena terjadi di pembuluh darah vena bawah kulit. Dokter akan melakukan beberapa tahap pengobatan, mulai dari pemberian obat yang berfungsi menguatkan dinding vena, melancarkan peredaran darah, sehingga diperlukan menggunakan stoking khusus. Penderita juga dianjurkan untuk berolahraga untuk melatih otot kaki seperti berjalan dan berenang. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan hak tinggi.

Varises kronis

Varises ini akan memperlihatkan pembuluh darah yang berkelok-kelok pada betis. Jika terapi suntik tidak memberikan hasil, maka harus dilakukan pembedahan untuk memotong pembuluh darah vena yang rusak, sehingga aliran darah dapat kembali berjalan normal. Ada berbagai obat yang harus diminum untuk menguatkan dinding vena dan melancarkan peredaran darah, juga menggunakan stoking khusus dalam beraktivitas. Berolahragalah dan hindari mengenakan sepatu berhak tinggi.

Ciri – ciri varises dan cara mencegah terjadinya varises 

Ciri dari penyakit varises sangat jelas, munculnya benjolan di bagian betis yang bisa terlihat itu adalah varises. Di tahap awal bisa tidak disadari sebab ukurannya masih sangat kecil, tetapi lama kelamaan bias semakin besar dan sangat jelas terlihat, sebab di dukung juga dengan warna hijau atau pun ungu. Penderita penyakit varises sering mengabaikannya juga karena tidak menimbulkan rasa sakit atau apa pun. tetapi ternyata penyakit varises bisa menimbulkan rasa sakit juga apabila sudah semakin parah, karena bisa muncul luka di bagian permukaan kulit. kulit kering di bagian kulit yang terdapat varises sehingga menyebabkan kulit mengelupas pun bisa dialami. untuk itu gunakan stocking varises jika sudah muncul ciri dari varises. Jika masih sehat dan fungsi pembuluh darah vena masih bagus ada baiknya jika melakukan pencegahan penyakit varises.

Dibawah ini cara untuk pencegahan penyakit varises :

  • Hindari penggunaan sepatu tinggi, pencegahan penyakit varises bisa dengan menghindari penggunaan sepatu tinggi yang sering dilakukan oleh para wanita. Sepatu tinggi yang sebenarnya membuat tidak nyaman ini dan bisa mendatangkan gangguan kesehatan seperti penyakit varises ada baiknya tidak sering digunakan, dan jika digunakan pun sebaiknya tidak terlalu lama. gunakan sepatu yang lebih nyaman dan tidak memberikan tekanan berlebihan pada pembuluh darah akan lebih baik.
  • Tidak terlalu lama berdiri, pencegahan penyakit varises yang kedua ialah dengan membatasi berdiri terlalu lama. atau jika berdiri sebaiknya sering bergerak agar peredaran darah tetap berjalan dengan baik.
  • Istirahatkan kaki, setelah menggunakan kaki untuk menjalankan aktivitas sebaiknya mengistirahatkan kaki. istirahatkan kaki dengan meluruskan kaki dan menyangahnya agar tidak menimbulkan varises. Cara ini termasuk pencegahan penyakit varises yang perlu dilakukan juga.
  • Olahraga, agar menjaga kesehatan katup pembuluh darah dengan melatihnya terus dengan berolahraga. Lakukan olahraga secara teratur juga untuk menjaga berat badan agar tidak akan mengalami peningkatan berat badan yang menyebabkan varises juga. akan lebih baik jika ditambah dengan makan makanan yang sehat dan menggunakan stocking varises.

Jika tidak ditangani, varises dapat menyebabkan ganggguan pada kulit yang diawali rasa gatal, kulit kehitaman seperti timbul eksim hingga timbulnya luka pada permukaan kulit. Komplikasi lainnya yang dapat terjadi adalah pecahnya vena. Walaupun jarang, varises juga dapat mengancam jiwa bila saja ada darah beku yang terbawa aliran darah ke jantung dan paru hingga mengganggu kerja organ tersebut.

Untuk kasus Varises yang ringan, penanganan yang dilakukan cukup sederhana, seperti dengan meninggikan posisi kaki saat duduk atau berbaring untuk menurunkan tekanan pada vena. Menggunakan pakaian yang ketat dengan struktur selapis atau berlapis, termasuk menggunakan stocking pun dapat dianjurkan.

Hanya ada sedikit bukti mengenai solusi efektif mencegah Varises. Namun, terdapat beberapa catatan bermanfaat untuk meredakan gejala Varises yang anda alami. Hal terpenting adalah Anda dianjurkan untuk menghindari berdiri atau duduk dalam jangka waktu lama. Hal ini sangat penting, lakukan istirahat secara teratur dan di malam hari Anda dapat sedikit meninggikan posisi kaki untuk meringankan tekanan pada kaki. Pola hidup aktif dengan olahraga yang cukup juga secara signifikan mengurangi perkembangan Varises.

Herbal alami untuk Varises 

Gunakan herbal alami dari Naturally Plus : Super lutein mirtoplus , S lutein malaysia  untuk  menutrisi dan meregenerasi sel – sel yang rusak dan air izumio untuk melancarkan peredaran darah  atau untuk harga yang efisien dengan menggunakan botol terapi kesehatan dr+water . Selengkapnya tentang  super lutein mirtoplus , s lutein , izumio dan dr+water !!!

Berikut keterangan produknya !!!

Produk NATURALLY PLUS Jepang ” SUPER LUTEIN MIRTOPLUS ” formulasi sempurna mengejutkan global dan kombinasi yang kuat dari bahan-bahan baru dengan kandungan terbaiknya Mirtoselect ® + Pycnogenol ® + Lutein yaitu synergistic effect as Antioxidants .

Obat Herbal terbaik untuk penyakit Hipertensi 

Berikut herbal terbaik untuk penyakit hipertensi yang dapat Anda gunakan , untuk kesehatan , mencegah atau terapi pengobatan dengan Produk Naturally Plus : Super lutein Mirtoplus , S lutein Malaysia , dan air hidrogen Izumio atau bisa juga menggunakan alat terapi  botol minum DR+WATER yaitu alat terapi penghasil air hidrogen dan air alkalin .

Berikut keterangan produknya !!!

Produk NATURALLY PLUS Jepang ” SUPER LUTEIN MIRTOPLUS ” formulasi sempurna mengejutkan global dan kombinasi yang kuat dari bahan-bahan baru dengan kandungan terbaiknya Mirtoselect ® + Pycnogenol ® + Lutein yaitu synergistic effect as Antioxidants .

Super lutein Mirtoplus merupakan formulasi sempurna untuk pengobatan keseluruhan dan kombinasi yang kuat dari bahan-bahan baru , sehingga memberi Efek sinergis sebagai Antioksidan.

Manfaat super lutein Mirtoplus Kesehatan perempuan

.> Rendah kembali & nyeri perut
.> Relief nyeri haid
.> Dismenore & endomentriosis
.> Menopause lega gejala

Manfaat super lutein Mirtoplus Peredaran darah

.> Memperkuat pembuluh darah
.> Meningkatkan kualitas tubuh , sehingga mempercepat penyembuhan
.> Bahu kaku terbaik dan untuk meredahkan nyeri sendi
.> Untuk pencegahan Serangan jantung & stroke
.>Memberikan Sirkulasi tubuh penuh

Super Lutein Mirtoplus merupakan funtional makanan gizi diproduksi dengan rasio emas dan formulasi yang sempurna dari 6 karotenoid paling penting + mirtogenol 5 nutrisi paling penting yang diperlukan oleh tubuh manusia

Selengkapnya tentang Super lutein Mirtoplus !!!

HARGA SUPER LUTEIN MIRTOPLUS

Rp 2.150.000,- isi 120 kapsul softgel

 

super lutein mirtoplus

    super lutein mirtoplus

 

Atau Produk dari Naturally Plus Malaysia ” S LUTEIN ” yang bermanfaat memberi nutrisi dan vitamin untuk darah serta memperbaiki inti sel sehingga dapat memberikan kesembuhan pada berbagai penyakit yang kita derita .

S lutein suplemen gizi yang mengandung 6 jenis karotenoid

 

  • . S lutein Naturally Malaysia juga merupakan suplemen gizi yang mengandung 6 jenis karotenoid  yang terbaik untuk kesehatan , produk yang apik dari naturally plus malaysia , yang di Indonesia disebut dengan S lutena atau disingapore disebut dengan super lutein , berikut selengkapnya tentang S lutein  Produk naturally Plus dari Malaysia 

.>   S lutena halal , S lutein halal dari Malaysia
.>   Apa itu S lutein Halal dari Malaysia  ?
.>   Proses pembuatan S lutein Halal dari Natuarlly Plus Malaysia
.>   Tentang S lutein Halal asli original dari naturally plus malaysia

 

 

Untuk Lebih mantapnya dengan dibantu untuk membersihkan racun – racun dalam darah , mendetoks dan memberikan kesegaran alami pada tubuh kita dengan Produk Naturally plus yaitu ” Air Hidrogen IZUMIO ”

Selengkapnya Tentang Air Hidrogen Izumio , klik dan baca link dibawah ini !!!

Buat Anda yang merasa harga air izumio terlalu mahal kami juga menyediakan Botol kesehatan DR + WATER by Altram yaitu botol minum kesehatan yang memproduksi dan mengubah air biasa menjadi air heksagonal yang kaya akan hidrogen , alkalin dan mengandung partikel mikro klaster .

Selengkapnya tentang DR+ WATER !!!

Harga botol terapi kesehatan Dr+water by Altram Rp 1.580.000,-

 

 

DR+WATER , alat terapi kesehatan untuk diabetes dan kanker

DR+WATER , alat terapi kesehatan untuk diabetes dan kanker

 

Untuk Anda yang ingin order dan pesan silahkan langsung hubungi CS kami melalui Telphon / SMS / WA / BBM di kontak yang tersedia di website ini !!!

Baca juga !!!

 

You may also like...

%d bloggers like this: