Penyebab varises

Penyebab varises

 

 

Penyebab Varises dan Faktor Risiko

Varises dikaitkan dengan melemahnya katup dan vena pada area yang sakit. Di bagian dalam vena terdapat katup satu arah berukuran kecil yang memungkinkan darah mengalir melewatinya, namun juga berperan untuk mencegah aliran darah berbalik arah. Terkadang, katup-katup ini melemah akibat peregangan yang berlebihan atau penurunan kelenturan, yang menyebabkan kebocoran aliran darah serta darah yang mengalir berbalik arah. Peristiwa ini dapat menyebabkan akumulasi darah pada vena yang membuatnya membengkak dan membesar.

Penyebab pasti terjadinya gangguan vena ini belum sepenuhnya diketahui. Beberapa orang cenderung berpeluang mengalami Varises tanpa penyebab yang jelas dan spesifik. Namun demikian, terdapat beberapa faktor risiko yang diduga dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami Varises. 

Wanita lebih banyak beresiko terkena varises, karena kontraksi vena lebih lemah dibanding pria, dan kulit wanita lebih lunak. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya varises, Berikut faktor – faktor terjadinya varises yaitu :

 Faktor keturunan

  • Umumnya varises terjadi pada orang dewasa akibat perubahan hormon
  • Jenis kelamin: perempuan berpotensi lebih tinggi mengalami Varises dibandingkan dengan laki-laki, alasan di balik kejadian ini dikaitkan dengan hormon yang dimiliki perempuan.
  • Genetik: risiko mengalami Varises diduga diturunkan secara herediter.
  • Usia: penuaan dapat menyebabkan penurunan elastisitas vena
  • Berat badan: kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada vena yang membuat katup pada vena akan bekerja lebih berat dan membuatnya rawan untuk mengalami kebocoran.
  • Pekerjaan: beberapa penelitian menyebutkan bahwa individu yang bekerja dengan durasi berdiri yang lama lebih berpeluang untuk mengalami Varises.
  • Kehamilan: kehamilan membuat tubuh meningkatkan produksi darah untuk menunjang pertumbuhan janin, peristiwa ini meningkatkan aliran darah serta menyebabkan perubahan hormonal yang membuat wanita hamil lebih berisiko mengalami Varises (gejala akan mengalami peningkatan yang signifikan setelah melahirkan) Pada beberapa kasus, perkembangan Varises dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti terdapatnya tumor di pelvis, riwayat terdapatnya bekuan darah atau stroke, atau gangguan pada pembuluh darah.
    Dikarenakan meningkatnya hormon progesteron, dan bertambahnya berat badan saat hamil membuat kaki semakin terbebani berat tubuh.
  • Kurang bergerak.
    Kurang gerak menyebabkan otot-otot di sekitar pembuluh darah vena tidak dapat memompa darah secara maksimal.
  • Terlalu lama berdiri.
    Jika Anda terpaksa berdiri, tetaplah mencoba untuk bergerak. Tidak diam di satu tempat terlalu lama. Contohnya:
    jalan di tempat.
  • Merokok.
    Kandungan zat berbahaya di dalam rokok membuat pembuluh darah menjadi kaku, sehingga seringkali terjadi penyempitan.
  • Bersepatu hak tinggi.
    Sepatu berhak tinggi menyebabkan gerak otot tumit yang berfungsi membantu kerja pembuluh darah menjadi tidak
    maksimal.
  • Menderita penyakit kolesterol
  • Menderita penyakit kencing manis

Varises memiliki beberapa tahap. Pada tahap awal, umumnya penderita akan merasa kram dan pegal setelah lama berdiri. Belum tampak tanda-tandanya ketika diperiksa. Pada tahap yang lebih tinggi, mulai terlihat adanya kelainan pembuluh darah dan komplikasinya. Kaki terasa berat, rasa pegal saat beristirahat. Pada tahap yang lebih berat lagi, timbul pembengkakan di daerah kaki dan warna kulit di sekitar varises menjadi gelap.

Buat Anda yang mencari obat herbal terapi untuk menghilangkan varises Anda yang pastinya membuat Anda menjadi minder , kami memiliki solusi aman dan terbaik untuk kesehatan Anda yaitu dengan Produk Naturally Plus yaitu Superlutein mirtoplus , s.lutein halal malaysia  yang diIndonesia disebut sebagai S lutena dan juga air hydrogen dengan Izumio. Dr +water  merupakan botol terapi sebagai ungulan terbaik dari korea yang menghasilkan air hydrogen , air alkalin dan juga terdapat partikel mikro klaster yang dapat digubakan sebagai pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan .

 

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami 

Varises merupakan masalah yang sering kita hadapi. Saya sendiri salah satu yang menderita penyakit tersebut. Varises muncul disebabkan karena pembuluh darah vena tidak mampu mengembalikan sisa darah metabolisme tubuh ke bagian jantung.

Seperti kita ketahui bersama, pembuluh darah manusia dapat dibagian menjadi 2 macam, yakni pembuluh darah arteri dan vena. Arteri berfungsi untuk mengedarkan darah dari jantung ke seluruh jaringan tubuh. Sedangkan vena sebaliknya, pembuluh darah ini bekerja mengedarkan sisa darah dari jaringan kembali ke jantung, inilah alasan mengapa vena sering disebut dengan pembuluh balik.

Varises dapat muncul disebabkan karena sirkulasi darah pada bagian vena mengalami hambatan. Biasanya munculnya varises ini tepat pada bagian betis dan kaki. Varises akan semakin jelas apabila kita berdiri tegak terlalu lama, beraktivitas terlalu lama, dan jalan terlalu jauh. Sangat tidak disarankan bagi kamu yang memiliki varises menekuk lutut setelah berjalan/berlari cukup jauh, sebab akan memperburuk kondisi varises tersebut.

Gejala Penyakit Varises Pada Bagian Betis dan Kaki

Untuk mengenali penyakit satu ini sangatlah mudah sekali, sebab gejala varises sendiri bisa terlihat dengan mata telanjang. Adapun gejala munculnya penyakit varises antara lain:

Timbul warna kebiru-biruan: tanda ini muncul tepat pada aliran pembuluh vena kaki kamu. Apabila ada pembuluh yang berwarna kebiru-biruan dan berkelok-kelok, berarti kamu menderita varises.

Pada bagian vena tertentu terasa sakit: gejala ini sebenarnya tidak semua penderita varises mengalami. Namun bila kamu mengalami rasa sakit pada bagian pembuluh vena tertentu, itu berarti varises sudah cukup parah.

Muncul borok: apabila varises tersebut sudah cukup parah biasanya pada bagian pergelangan tertentu akan menyebabkan borok pada pergelangan.

Mungkin bagi sebagian besar penderita varises hanya menyebabkan gangguan secara fisik saja, namun beberapa orang juga mengalami kondisi terparah bahkan sampai mengalami nyeri dan pembengkakan. Untuk itulah penyakit varises harus ditangani dengan segera agar tidak menyebabkan munculnya rasa sakit.

Varises tidak hanya akan menyebabkan gangguan nyeri dan pembengkakan saja, namun jika pembuluh tersebut nampak jelas di betis ataupun kaki maka akan menyebabkan rasa percaya diri menjadi turun. Kemunculan varises dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, berikut beberapa penyebab varises pada kaki dan betis.

Penyebab Varises Pada Betis dan Kaki

Seperti yang telah saya sampaikan diatas tadi, varises dapat muncul disebabkan karena adanya gangguan pembuluh vena (balik) yang tidak mampu mengangkut darah sisa metabolisme kembali ke jantung. Kondisi semacam ini bisa muncul dikarenakan:

  1. Kehamilan

Pada saat hamil, tubuh seorang ibu akan mengalami peningkatakn volume darah yang cukup signifikan, namun menghambat aliran darah dari kaki menuju ke panggul. Perubahan sirkulasi darah semacam ini sebenarnya dirancang untuk memacu pertumbuhan janin, tetapi sayangnya sangat tidak baik untuk pembuluh darah vena. Sebab sirkulasi darah dalam vena mengalami hambatan ketika menuju ke atas (jantung).

Perubahan hormon selama masa kehamilan semacam ini sebenarnya cukup baik. Tidak perlu risau, karena biasanya varises yang disebabkan kehamilan akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus kamu melakukan tindakan medis. Hanya saja akan memerlukan waktu yang lebih lama, yakni sekitar 3 bulanan lebih.

  1. Usia, biasanya lebih dari 60 tahun

Seiring dengan bertambahnya usia, pembuluh vena kamu akan mengalami penurunan elastisitas/kelenturan. Menurunnya elastisitas inilah yang menyebabkan pembuluh vena mudah melebar atau membesar.

Selain itu, memasuki usia tua katup vena juga mengalami penurunan kinerjanya. Dimana seharusnya katup tersebut bertindak menahan darah agar masuk ke jantung, tetapi karena katup tersebut melemah malah justru membuat darah kembali mundur ke bagian vena. Oleh karenya tekanan darah yang cukup tinggi, menyebabkan pembuluh vena menjadi melebar dan munculan varises.

  1. Menopause

Menopause merupakan sebuah kondisi seseorang yang sudah tidak produktivitas lagi dalam menghasilkan keturunan. Biasanya menopuase dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi pil KB, suntik KB, dan implan. Memang pil KB cukup bermanfaat untuk mencegah ibu hamil, namun dibalik itu semua sebenarnya KB buruk untuk kondisi vena.

Ketika mengonsumsi obat-obatan dari KB, baik itu suntik pil ataupun implan hormon estrogen dan progesteron pada obat tersebut lama kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan pembuluh vena menjadi membesar. Selain itu, hormon tersebut juga berpotensi melemahkan sirkulasi pembuluh vena dan bahkan katup vena.

  1. Olahraga secara berlebihan

Penyebab varises satu ini biasanya dialami oleh seseorang yang selalu menekuk/melipatkan kakinya setelah jogging atau melakukan aktivitas olahraga. Aktivitas fisik seperti olahraga secara tidak langsung membuat sirkulasi darah menjadi naik, baik dari arteri ataupun vena.

Apabila sirkulasi darah yang tinggi tersebut terhambat saat kaki akibat ditekuk, maka pada bagian tersebut pembuluh vena akan mengalami pembengkakan. Hal ini saya alami sendiri, waktu itu saya berlari 3 KM dan setelah itu jongkok, beberapa hari kemudian muncul deh tuh briu-biru berkelok pada bagian kaki. Oleh sebab itu selalu luruskan kaki kamu setelah melakukan olahraga minimal 30 menit.

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Untuk dapat mengobati varises ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri, yakni dengan cara menghilangkan varises alami dan cara mengobati varises dengan anjuran dokter. Namun agar hasilnya maksimal, sangat disarankan kamu melakukan kedua cara tersebut secara rutin.

  1. Menghilangkan Varises Secara Alami

Gejala varises tidak hanya menyebabkan rasa sakit dan gangguan secara fisik saja, varises juga dapat menyebabkan munculnya kram, nyeri, dan bahkan sensasi berdenyut yang cukup menyakitkan pada bagian pergelangan. Kondisi semacam ini semakin diperparah lagi ketika cuaca sedang panas, terlalu lama berdiri, dan terlalu banyak melakukan aktivitas berjalan. Berikut beberapa cara mengobati varises secara alami yang bisa kamu lakukan.

– Kurangi Waktu Duduk dan Berdiri

Waktu duduk dan berdiri yang cukup lama sangatlah buruk bagi penderita varises, bahkan bisa berpotensi membuat varises yang baru muncul. Ada baiknya ketika kamu duduk terlalu lama selingi dengan berdiri selama 40 menit sekali, ataupun sebaliknya ketika berdiri silahkan luangkan waktu untuk duduk sesekali. Yang pasti usahakan kaki kamu tidak menopang berat badan berlebihan dalam waktu lama.

– Hindari Penggunaan Heels

Heels atau sepatu berhak tinggi akan membuat otot pada bagian betis mengalami penegangan yang cukup buruk sekali. Ada baiknya kamu mengganti alas kaki heels hak tinggi dengan ber-hak rendah. Dengan alas hak rendah, kaki kamu bisa lebih rileks dan pembuluh darah vena pun juga tidak mengalami tekanan secara berebihan. Namun apabila rutinitas menuntutmu untuk memakai heels hak tinggi, silahkan lakukan peregangan kaki selama 40 menit sekali.

– Jaga Berat Badan

Diet sangatlah penting untuk menghilangkan varises di kaki dengan cepat. Sebab seseorang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan secara otomatis akan menyebabkan kaki menopang lebih berat lagi, akibatnya pembuluh darah vena semakin membengkak. Ada baiknya kamu melakukan diet mayo atau diet rendah garam. Selain baik untuk menurunkan berat badan, diet tersebut juga cukup efektif untuk mengobati varises di betis dan kaki kamu.

– Lakukan Sedikit Latihan

Meskipun diatas telah disebutkan penyebab varises salah satunya adalah olahraga atau latihan, namun sebenarnya olahraga juga sangat baik untuk mengatasi varises di kaki, dengan syarat jangan berlebihan. Olahraga terbaik untuk menghilangkan varises adalah berjalan kaki, usahakan setiap pagi kamu berjalan kaki tanpa alas selama 30 menit saja. Ingat! Jangan berlebihan.

– Tinggikan Kaki

Ini dia cara menghilangkan varises yang sering saya lakukan (karena saya juga penderita varises). Biasanya 30 menit sebelum tidur saya gunakan untuk meninggikan kaki diatas kepala. Caranya cukup mudah, silahkan kamu berbaring kemudian letakan kaki di tembok membentuk sudut siku-siku antara tubuh. Dengan meninggikan kaki lebih dari tubuh, maka sirkulasi darah pembuluh vena menuju ke jantung akan semakin lancar. Sebab kaki diatas tidak terkena gaya gravitasi sehingga darah mudah menuju ke bagian organ jantung.

  1. Menghilangkan Varises Sesuai Anjuran Dokter

Apabila kamu masih ragu-ragu dengan cara menghilangkan varises secara alami, silahkan ikuti anjuran cara mengobati varises menurut para dokter dan ahli kesehatan berikut ini.

– Konsumsilah suplemen untuk membantu menghilangkan varises

– Konsumsilah lemak Omega-3 sebanyak 100 mg setiap harinya

– Konsumsilah Ginkgo Biloba sebanyak 120 mg setiap dua kali sehari

– Gunakan sebuah stroking kompresi atau stoking khusus varises.

Stoking kompresi merupakan sebuah stoking khusus yang berfungsi untuk menekan pembuluh vena agar tidak tertahan pada satu titik saja. Sehingga aliran pembuluh vena lebih lancar menuju ke jantung.

Tips memilih stoking kompresi: agar kinerja terapi stoking kompresi tersebut maksimal, kamu harus mengenakan ukuran yang pas. Untuk itulah kamu harus meggunakan pita pengukur ketika hendak membeli stoking tersebut, namun jika tidak tahu silahkan minta bantuan apoteker terlebih dahulu untuk mengukur kaki kamu.

Meskipun demikian, tidak semua orang bisa sembuh hanya dengan menggunakan cara menghilangkan varises secara alami ,  Beberapa varises yang sudah parah memerlukan pengobatan alternatif agar bisa sembuh total. Adapun pengobatan varises yang bisa kamu lakukan antara lain seperti:

– Melalui jalan operasi laser

– Vein Stripping

– Ambulatory Phlebectomy

– Sclerotherapy

– Operasi Vena Endoskopik

Kebiasaan Buruk Penyebab Varises yang Harus Dihindari

Setelah kamu menjalani serangkaian pengobatan varises diatas, baik itu alami ataupun anjuran dokter, silahkan hindari beberapa kebiasaan buruk penyebab varises semakin parah berikut ini

  1. Menggunakan celana terlalu ketat

Keketatan celana dapat menyebabkan aliran darah menjadi terhambat. Terlebih untuk celana jeans model skinny, usahakan selama melakukan pengobatan hindari skinny jeans untuk beberapa bulan saja.

  1. Hindari berdiri dan berjalan lama

Pastikan ketika kamu berdiri selingi dengan duduk, begitu pula sebaliknya ketika duduk selingi dengan berdiri. Ini bertujuan agar sirkulasi darah dalam vena menuju jantung menjadi lancar.

  1. Konsumsi makanan berkolesterol

Sebaiknya makanan seperti jeroan, ati, ampela, makanan manis, gorengan, dan makanan mengandung kolesterol lainnya kamu hindari dulu. Sebab makanan seperti ini akan sangat berpotensi menghambat aliran darah dalam vena dan arteri.

Itulah beberapa cara menghilangkan varises secara alami, anjuran dokter, sampai dengan operasi. Saya sarankan apabila varises kamu masih belum cukup parah, lakukan dulu perawatan alami. Namun apabila sudah parah dan menyebabkan rasa sakit tak tertahankan, tindakan medis bisa dilakukan.

 

Pengobatan herbal alami untuk mencegah Varises

Selain itu produk herbal juga dapat membantu dengan rutin mengkonsumsi insyaallah akan memberikan solusi tersendiri pada penyakit Varises yang Anda rasakan Saat ini . Herbal terbaik untuk solusi varises yang Anda rasakan saat ini yaitu :  Dengan Produk Naturally Plus S LUTEIN HALAL , SUPER LUTEIN MIRTOPLSUS dan Dibantu dengan Air  Hidrogen Izumio  atau bisa dengan Botol terapi kesehatan DR WATER , botol penghasil air hidrogen dan alkain dengan partikel mikro klaster .

Super lutein mirtoplus , S lutein malaysia  untuk  menutrisi dan meregenerasi sel – sel yang rusak dan air izumio untuk melancarkan peredaran darah  atau untuk harga yang efisien dengan menggunakan botol terapi kesehatan dr+water . Selengkapnya tentang  super lutein mirtoplus , s lutein , izumio dan dr+water !!!

Berikut keterangan produknya !!!

Produk NATURALLY PLUS Jepang ” SUPER LUTEIN MIRTOPLUS ” formulasi sempurna mengejutkan global dan kombinasi yang kuat dari bahan-bahan baru dengan kandungan terbaiknya Mirtoselect ® + Pycnogenol ® + Lutein yaitu synergistic effect as Antioxidants .

Obat Herbal terbaik untuk penyakit Varises

Berikut herbal terbaik untuk penyakit hipertensi yang dapat Anda gunakan , untuk kesehatan , mencegah atau terapi pengobatan dengan Produk Naturally Plus : Super lutein Mirtoplus , S lutein Malaysia , dan air hidrogen Izumio atau bisa juga menggunakan alat terapi  botol minum DR+WATER yaitu alat terapi penghasil air hidrogen dan air alkalin .

Berikut keterangan produknya !!!

Produk NATURALLY PLUS Jepang ” SUPER LUTEIN MIRTOPLUS ” formulasi sempurna mengejutkan global dan kombinasi yang kuat dari bahan-bahan baru dengan kandungan terbaiknya Mirtoselect ® + Pycnogenol ® + Lutein yaitu synergistic effect as Antioxidants .

Super lutein Mirtoplus merupakan formulasi sempurna untuk pengobatan keseluruhan dan kombinasi yang kuat dari bahan-bahan baru , sehingga memberi Efek sinergis sebagai Antioksidan.

Manfaat super lutein Mirtoplus Kesehatan perempuan

.> Rendah kembali & nyeri perut
.> Relief nyeri haid
.> Dismenore & endomentriosis
.> Menopause lega gejala

Manfaat super lutein Mirtoplus Peredaran darah

.> Memperkuat pembuluh darah
.> Meningkatkan kualitas tubuh , sehingga mempercepat penyembuhan
.> Bahu kaku terbaik dan untuk meredahkan nyeri sendi
.> Untuk pencegahan Serangan jantung & stroke
.>Memberikan Sirkulasi tubuh penuh

Super Lutein Mirtoplus merupakan funtional makanan gizi diproduksi dengan rasio emas dan formulasi yang sempurna dari 6 karotenoid paling penting + mirtogenol 5 nutrisi paling penting yang diperlukan oleh tubuh manusia

Selengkapnya tentang Super lutein Mirtoplus !!!

HARGA SUPER LUTEIN MIRTOPLUS

Rp 2.150.000,- isi 120 kapsul softgel

super lutein mirtoplus

    super lutein mirtoplus

Atau Produk dari Naturally Plus Malaysia ” S LUTEIN ” yang bermanfaat memberi nutrisi dan vitamin untuk darah serta memperbaiki inti sel sehingga dapat memberikan kesembuhan pada berbagai penyakit yang kita derita .

S lutein suplemen gizi yang mengandung 6 jenis karotenoid

  • . S lutein Naturally Malaysia juga merupakan suplemen gizi yang mengandung 6 jenis karotenoid  yang terbaik untuk kesehatan , produk yang apik dari naturally plus malaysia , yang di Indonesia disebut dengan S lutena atau disingapore disebut dengan super lutein , berikut selengkapnya tentang S lutein  Produk naturally Plus dari Malaysia 

.>   S lutena halal , S lutein halal dari Malaysia
.>   Apa itu S lutein Halal dari Malaysia  ?
.>   Proses pembuatan S lutein Halal dari Natuarlly Plus Malaysia
.>   Tentang S lutein Halal asli original dari naturally plus malaysia

HARGA S.LUTEIN

Untuk Lebih mantapnya dengan dibantu untuk membersihkan racun – racun dalam darah , mendetoks dan memberikan kesegaran alami pada tubuh kita dengan Produk Naturally plus yaitu ” Air Hidrogen IZUMIO ”

Selengkapnya Tentang Air Hidrogen Izumio , klik dan baca link dibawah ini !!!

Buat Anda yang merasa harga air izumio terlalu mahal kami juga menyediakan Botol kesehatan DR + WATER by Altram yaitu botol minum kesehatan yang memproduksi dan mengubah air biasa menjadi air heksagonal yang kaya akan hidrogen , alkalin dan mengandung partikel mikro klaster .

Selengkapnya tentang DR+ WATER !!!

Harga botol terapi kesehatan Dr+water by Altram Rp 1.580.000,-

DR+WATER , alat terapi kesehatan untuk diabetes dan kanker

DR+WATER , alat terapi kesehatan untuk diabetes dan kanker

Untuk Anda yang ingin order dan pesan silahkan langsung hubungi CS kami melalui Telphon / SMS / WA / BBM di kontak yang tersedia di website ini !!!

Baca juga !!!

 

You may also like...

%d bloggers like this: