Penyakit Anemia

Penyakit Anemia

 

Penyakit Anemia, Gejala Penyakit Anemia, Penyebab Penyakit Anemia, Ciri-ciri Penyakit Anemia, Tanda-tanda Penyakit Anemia , Pencegahan & Pengobatan Penyakit Anemia

Untuk Anda yang mengalami penyakit Anemia , herbal alami terbaik dapat Anda gunakan  Produk Naturally Plus : Super lutein Mirtoplus , atau  S lutein Malaysia , dan izumio air Hidrogen 

 

Sebelum kita membahas solusi untuk penyakit Anemia , kita bahas mengenai pengertian penyakit anemia , gejala , penyebab , ciri – ciri  , tanda – tanda dan pencegahan serta pengobatan penyakit anemia .

Pengertian Apa itu penyakit Anemia ?

  • Anemia adalah   berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin didalam darah.* Hemoglobin (Hb) adalah suatu senyawa protein pembawa oksigen didalam sel darah merah. Sel darah merah di produksi di sumsum tulang. Sebagai bahan baku diperlukan zat gizi dari makanan, termasuk berbagai vitamin (B2,B12) dan mineral (zat besi).

Menurut bahasa Yunani, anemia adalah  tanpa darah. Anemia merupakan suatu kondisi saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah atau hemoglobin yang bertugas sebagai media yang membawa oksigen dari paru-paru dan menghantarkan ke seluruh bagian jaringan tubuh.

 

Gejala , penyebab dan tanda – tanda Penyakit Anemia 

Berikut adalah gejala yang dialami oleh penderita anemia :

* Mudah letih bila melakukan aktifitas fisik/ mental
* Nafas pendek
* Pusing
* Tidak nafsu
* Pucat

 

Gejala Anemia

Gejala Anemia

 

Penyebab Anemia 

Apabila anda mengalami gejala diatas, sebaiknya anda waspada dan perlu mengetahui hal-hal yang merupakan Penyebab anemia, seperti :

  • Pendarahan (luka, haid berlebihan, dan cacing tambang),
  • keruskan sel darah merah yang berlebihan (disebabkan reaksi transfusi yang tidak cocok),
  • serta produksi sel darah merah berkurang atau kurang gizi (zat besi, vit B2),Penyebab anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi, asam follic dan vitamin B12. Untuk jenis anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin B12 dinamakan anemia pernisiosa. Anemia seringkali juga menjadi gejala dari penyakit, seperti kanker dan sejumlah penyakit lainnya.
  • gagal ginjal, kanker, dan penyakit kronis lainnya.
  • Timbulnya anemia juga dapat disebabkan oleh asupan pola makan yang salah, tidak teratur dan tidak menyeimbangkan kecukupan sumber gizi yang dibutuhkan tubuh, terutama kurangnya sumber makanan yang mengandung zat besi. Zat besi mudah diperoleh dari macam-macam sayuran hijau, buah dan dari nasi sekitar 1 % yang mudah diserap oleh tubuh dan dari ikan sebanyak 11 %. Zat besi merupakan senyawa penting sebagai penyusun hemoglobin (sel darah merah), tubuh membutuhkan zat besi sekitar 1 – 3,2 mg per hari.
  • Anemia juga dapat terjadi akibat pola hidup yang tidak baik sering bergadang , minum – minuman keras

Anemia atau yang lebih dikenal di masyarakaat sebagai berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah sel hemoglobin dalam sel darah merah yang mengakibatkan darah tidak mampu membawa oksigen dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh. Anemia yang merupakan suatu kondisi dimana kadar hemoglobin atau berkurangnya jumlah eritrosit dalam 1 mm3 (satu milimeter kubik) darah atau kurangnya volume sel darah merah yang memadati dalam 100 ml darah (darah kurang dari ukuran normal).

Seseorang yang terkena anemia mudah mengalami penurunan kondisi secara fisik seperti cepat lelah, kurang bergairah, konsentrasi menjadi lemah, menurunnya selera makan, sering mengalami pusing dikepala, sesak nafas, mudah kesemutan, detak jantung yang berdebar-debar atau jantung dengan cepat memompa darah, dan gejala lainnya yang mudah sekali terlihat secara fisik oleh mata.* Terkadang beberapa diantaranya mereka yang memiliki anemia mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Anemia memiliki kaitan erat dengan tekanan darah rendah, mengapa hal ini dapat terjadi mereka yang memiliki tekanan darah rendah cenderung sering mengalami anemia, karena tekanan darah yang rendah sekitar 90/80 mmHg membuat seseorang sering mengalami gejala anemia. Tubuh seseorang yang mengalami anemia, disebabkan karena produksi sel darah merah dengan jumlah yang minimal atau produksi sel darah merah yang rendah.

Sel darah merah memiliki fungsi yang sangat penting di dalam tubuh yakni sebagai media atau alat pengantar zat gizi terutama oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan tubuh untuk proses fisiologis dan biokimia pada seluruh jaringan tubuh. pasokan oksigen dan sel darah merah yang kurang akan membuat seseorang mengalami anemia dan timbul gangguan fisiologis pada tubuh.

BACA JUGA !!!

https://mmm-indonesia.net/anemia/

 

Ciri – ciri , gejala dan tanda – tanda penyakit Anemia 

Berikut  Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Anemia

1. Pucat pada bagian dalam kelopak mata
Penderita anemia biasanya memiliki salahsatu ciri yang timbul yaitu pada bagian daerah mata. Bisa dilihat dengan cara meregangkan bagian bawah pada kelopak mata kemudian dilihat dengan seksama jika bagian bawah berwarna pucat maka bisa saja itu merupakan salah satu ciri gejala anemia.

2. Merasa Cepat Lelah
Jika seseorang memiliki jumlah sel darah merah yang rendah biasanya akan cepat merasakan lelah ini diakbiatkan oksidasi dalam tubuh berkurang jika sel darah merah pada tubuh berkurang. Oksidasi ini berpengaruh pada energi tubuh yang dihasilkan dan digunakan untuk beraktivitas.

3. Merasakan sakit kepala
Salahsatu yang sering terjadi pada penderita anemia adalah sering merasakan sakit kepala secara terus-menerus, ini disebabkan kurangnya oksigen yang diakibatkan oleh kurangnya sel darah merah pada tubuh penderita. Sehingga penderita akan sering merasakan sakit pada bagian kepala seperti pusing-pusing.

4. Mengalami Palpitasi
Pada penderita anemia mengalami ciri lainnya yaitu palpitasi. Palpitasi adalah sebuah istilah dalam medis yaitu gejala denyut jantung yang tidak teratur, memiliki kecepatan yang tidak normal dan terlalu kuat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya penderita anemia mengalami kekurangan oksigen dalam tubuh, yang berakibat pada peningkatan denyut jantung dan menyebabkan denyut jantung berdebar tidak teratur dan juga cepat.

5. Ujung jari berwarna pucat dan putih ketika ditekan.
Ciri penyakit anemia lainnya adalah dengan melakukan tes sederhana menekan ujung jari. Jika pada orang normal ketika ujung jari ditekan akan memerah, berbeda halnya dengan seseorang yang menderita anemia. Penderita anemia ketika ujung jarinya ditekan maka akan berubah menjadi putih dan pucat.

6. Sesak Napas
Selain beberapa ciri diatas ada gejala lain yang menunjukan seseorang menderita penyakit anemia yaitu sesak napas. Karena kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh yang diakibatkan kurangnya sel darah merah menyebabkan penderita anemia ketika dalam melakukan aktivitas sehari-hari akan sering merasakan sesak napas. Tentu perlu diwaspadai.

7. Merasakan Mual
Pada penderita anemia ada gejala dimana penderita merasakan mual jika penderita anemia bangun tidur atau gejala ini disebut juga dengan morning sickness.

8. Kekebalan tubuh yang menurun
Gejala anemia lainnya adalah menurunnya kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh kurangnya asupan energi. Penderita biasanya akan mudah sakit dan juga merasakan lelah yang diakibatkan menurunnya kekebalan pada tubuh.

9. Rambut Rontok
Gejala selanjutnya pada penderita anemia adalah mengalami penipisan rambut atau terjadinya keronrokan pada bagian rambut. Hal ini dikarenakan kulit kepala mengalami kekurangan pasokan makanan untuk kulit kepala sehingga akan terjadi penipisan rambut.

10. Pucat.
Ciri anemia lainnya yang biasanya terlihat pada penderita adalah wajah menjadi nampak pucat dan terlihat kekuningan. Untuk itu perlu adanya penanganan dini pada penderita anemia, dengan mengenali gejala anemia atau ciri penyakit anemia maka kita bisa lebih tahu dan lebih dini untuk mengetahui keadaan kesehatan pada tubuh yang terkena anemia atau kekurangan darah.

Gejala anemia pada umumnya ditandai dengan munculnya beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, seperti rasa malas, mudah lelah, berkunang-kunang, lesu, dan pucat. Namun, meskipun gejala tersebut tidak muncul bukan tidak mungkin seseorang mengalami anemia. Sehingga untuk memastikan terkena anemia atau tidak, maka diperlukan pemeriksaan kadar HB.

Orang yang tidak sadar mengalami anemia juga bisa disebabkan karena terkena ganggguan kesehatan yang mungkin gejalanya hampir sama dengan anemia yaitu darah rendah.

Berbeda halnya dengan anemia, dimana tubuh kekurangan kadar HB, darah rendah yaitu kondisi kerja jantung yang kurang kuat memompa darah yang menjadikan sirkulasi darah menjadi terganggu. Seseorang dikatakan mengalami darah rendah jika tekanan darahnya kurang dari 120/80.

Baik anemia ataupun darah rendah, tidak boleh disepelekan karena mengganggu kondisi tubuh, Pada ibu hamil, anemia meningkatkan resiko terjadinya pendarahan ketika persalinan selain itu pada anak, anemia bisa mengganggu perkembangan kecerdasan anak. Maka dari itu, Anda harus tetap waspada dan tetap berusaha mengontrol kesehatan dengan baik.

Faktor Penyebab Anemia 

faktor penyebab anemia, penyakit kurang darah juga dipengaruhi oleh beberapa faktor resiko lain seperti :

  1. Faktor dari keturunan
  2. kurangnya asupan zat gizi
  3. penyakit dan gangguan usus serta operasi yang berkaitan dengan usus kecil.
  4. Pendarahan Menstruasi yang berlebihan.
  5. Kehamilan.
  6. penyakit kronis seperti penyakit kanker, dan gagal ginjal.

Cara Pencegahan Penyakit Anemia

Untuk pencegahan penyakit anemia sebenarnya sangat mudah. seperti dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung zat besi, asam folat, vitamin b12, vitamin c.
Berikut ini penjelasan singkat tentang cara pencegahan anemia serta jenis-jenis makanan yang bisa membantu mencegah anemia diantaranya :

1. konsumsi makanan yang banyak mengandung Zat besi

Makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging, kacang, sayur-sayuran yang berwarna hijau dan lain-lain. zat besi juga sangat penting untuk wanita yang sedang menstruasi, wanita hamil dan anak-anak.

2. konsumsi makanan yang banyak mengandung Asam Folat

konsumsi makanan yang banyak mengandung Asam folat seperti pisang, sayuran hijau gelap, jenis kacang-kacangan, jeruk, sereal dan lain-lain

3. makanan yang mengandung Vitamin B 12. 

Bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daging dan susu

4. Makanan dan minuman yang mengandung Vitamin C

Banyak sekali manfaat-manfaat Vitamin C, salah satunya yaitu bisa membantu penyerapan zat besi. jenis-jenis Makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah melon, buah jeruk, dan buah beri. itulah beberapa cara mencegah penyakit anemia secara alami.

Terapi dan pengobatan anemia

Terapi dan cara pengobatan penyakit kurang darah yang sering diberikan dirumah sakit untuk mengobati penyakit anemia antara lain sebagai berikut :
  • Pemberian suplemen yang mengandung Zat besi, vitamin B12, dan vitamin-vitamin lain yang dibutuhkan tubuh.
  • Pada penderita anemia berat bisa dilakukan Transfusi darah
  • Pemberian obat-obatan kortikosteroid yang mempengaruhi sistem imun tubuh
  • Pemberian Eritropoietin, yaitu jenis hormon yang membantu proses hematopoiesis pada sumsum tulang.

 

 Suplemen terbaik ada pada suplemen naturally plus : Super lutein Mirtoplus , S lutein Malaysia , Dan Izumio . 

 

.

Untuk penjelasannya silahkan Klik dan baca di link dibawah ini !!!  Berikut penjelasan dan keterangan Produk – produk Naturally Plus made In Japan.

Produk  – produk Naturally PLus

 

  1. Super Lutein Mirtoplus  , Apa itu superlutein mirtoplus , kandungan serta manfaat dan khasiat mirtoplus untuk kesehatan , cara minum , konsumsi mirtoplus untuk orang sakit serta efek samping dari mirtoplus silahkan Anda baca dan klik artikelnya dibawah ini !!!
    super lutein mirtoplus

    super lutein mirtoplus


Harga Super Lutein Mirtoplus Rp 2.100.000,- isi 120 kapsul

 

 

 

2. S lutein Naturally Malaysia juga merupakan suplemen gizi yang mengandung 6 jenis karotenoid  yang terbaik untuk kesehatan , produk yang apik dari naturally plus malaysia , yang di Indonesia disebut dengan S lutena atau disingapore disebut dengan super lutein , berikut selengkapnya tentang S lutein  Produk naturally Plus dari Malaysia 

Harga S lutein Naturally Plus Malaysia Rp 1.500.000,- isi 100 kapsul

Terbaik karena memiliki label halal , dan terlebih sudah mendapat izin resmi dari perdana mentri sehingga di malaysia dikenal sebagai obat herbal terbaik dan aman

 

3.  Izumio yaitu : “Air Hidrogen” dari Naturally Plus yang diproses menggunakan teknologi tinggi yang dipatenkan dan dikemas dengan 4 lapis segel Super Vacuum Alumunium Film dalam rangka menjaga kemurnian hidrogen aktif yang ada dalam Izumio tersebut yang mencapai 2.000.000 ppt

izumio air hidrogen

izumio air hidrogen

 

Tentang izumio :

Harga Izumio air hidrogen Rp 1.350.000,- isi 30 pack 

 

4. Selain air izumio kami juga menyediakan botol terapi kesehatan Dr+water yaitu botol terapi kesehatan yang terdiri dari 5 batuan cerra stone , black jade far infrared, germanium, ahri stone , tourmaline stone sehingga dapat mengubah air biasa menjadi air heksagonal yang kaya akan hidrogen , alkalin dan mengandung partikel mikro klaster

Botol terapi kesehatan Dr+water

Botol terapi kesehatan Dr+water

 

 

Harga botol terapi kesehatan Dr+water by Altram Rp 1.580.000,-

 

Untuk order dan pemesanan langsung hubungin Cs via telphon / sms /wa/ bbm dikontak yang tersedia di website ini

 

BACA JUGA !!!!

01. Penyakit yang berhubungan dengan darah
02. Penyakit kelainan darah
03. Jenis-jenis penyakit kelainan darah
04. Penyakit kelainan dan gangguan darah dan sistem peredaran darah
05. Macam-macam penyakit pembuluh darah
Jika Anda, sahabat atau keluarga anda mengalami gejala-gejala anemia seperti diatas langsung saja konsultasikan kepada dokter ahlinya untuk diperiksa dan untuk memastikan apakah hanya gejala penyakit biasa atau merupakan gejala penyakit anemia. Terimakasih, semoga bermanfaat tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga olahraga yang teratur.

Untuk order dan pemesanan silahkan langsung hubungin CS  via TELPHON / SMS / WA atau BBM di kontak yang ada di website ini !!!

You may also like...

%d bloggers like this: